Senin, 08 April 2013

Persiapan Pernikahan

Pertama-tama yang kami siapkan tanggal. Kami berencana menikah ditanggal cantik 11 November 2011 (11-11-11). Kami merasa persiapan 3 bulan (kami memutuskan untuk melangkah ke jenjang selanjutnya-bulan Agustus) sudah cukup. Tapi ternyata tidak ada gedung yang kosong ditanggal cantik tersebut. Aku kepingin banget menikah di gedung di daerah Jakarta Selatan (supaya dekat dengan gereja tempat pemberkatan dan rumahku) dan selain tanggal cantik tersebut kalau bisa di hari Sabtu (supaya yang diundang bisa datang) dan ditahun 2011.
Setalah pencarian kesana kemari, akhirnya kami mendapat tempat yaitu Gedung Kementrian Perindustrian ditanggal 10 Desember 2011 dan masih waiting list 3 Desember 2011. Beberapa hari kemudian kami mendapat kabar bahwa kami bisa maju di tanggal 3 Desember 2011. Yipiiieeee... tanggal muda nih... Langsung deh arjunaku kasih DPnya sebagai tanda jadi.

Dan dimulailah kerepotan-kerepotan itu.

Foto Preweding
Outdoor: di Ancol oleh Denny Feblu. Gratis!! Puji Tuhan banget kan... :)

Outdoor Prewed by Denny Feblu
 Indoor: INS Studio, Jl. DR. Soepomo 400 AB, Tebet, Jakarta Selatan.
https://www.facebook.com/media/set/?set=a.3243666777054.162218.1428401440&type=3

Kostum yang aku pakai 3 yaitu baju santai: terusan warna hitam dan honeyku pakai kemeja hitam, gaun pesta warna biru, honeyku memakai jas martumpolnya dengan dasi biru dan kebaya martumpol kami. Aku dikenakan tambahan biaya makeup, hair do untuk 3 kali pemotretan dan peminjaman aksesories sebesar Rp. 470.000. nggak worthed banget deh...

Untuk di gedung aku pakai 3 foto prewed yaitu:

  • yang dibingkai ukuran 40 x 50 (2 buah) foto, cuci cetak dan  frame warna hitam dari INS Studio.
  • yang dibingkai ukuran 40 x 50 (1 buah) foto by Denny Feblu (edited by Dayat), cuci cetak di Studio 55 (Jl. Raden Saleh), frame dan standing warna Gold dibeli di Toko frame di Pasar Tebet.

Undangan
Dibuat di daerah Cililitan. Kami suka yang bentuknya kecil. Kami pesan 350 undagan. Selain undangannya kami juga dapt kartu ucapan terima kasih untuk souvenier.

Souvenier
Jepitan kuku yang dibungkus plastik dan diberi kartu ucapan terima kasih. Dibeli di pasar Jatinegara.

Kebaya Martumpol & Kebaya Pengantin
Baju pengantinku dibeli di Pasar Baru di toko Target. Awalnya aku ingin baju warna emas, sesuai dengan tema pilihanku, "Gold & Red". Tema ini muncul begitu saja di kepalaku dan mendapat dukungan dari mamiku. Tapi Honeyku (panggilan sayangku pada Roy) pingin yang klasik yaitu putih atau broken white lah.... Kami (yang nemenin banyak, selain Mami tentunya, ada Inangtua, Kak Ina, Among & Inong Marvel-Jeo, juga krucilsnya) mencari warna gold namun aku ngga menemukan yang cocok. Akhirnya aku pilih brokat perancis yang warnanya broken white.s

Modelnya pinginnya kebaya panjang yang menyeret di lantai. Tapi karena bahan yang diperlukan banyak dan bahan brokat perancis itu mahal, jadi aku memilih model kebaya yang panjangnya sekitar selutut. Dijahit di penjahit langgananku "Namboru Elvi Sinurat". Dengan uang jahit yang lumayan murah (Rp. 1.500.000), maka kebayaku itu lehernya di bordir dan full payet juga ditambahkan mutiara dan swaroski. Sementara punggung belakangnya juga ada mutiara kecil-kecil dirangkai. Kebaya ini dipakai dengan songket Palembang yang aku beli juga di Pasar Baru. Songketnya dijahit di penjahit langganan mamiku dan selendangnya di beri payet di tempat aku beli. Mahal payetnya... hicks...

Kebaya sebelum dirubah
Untuk kebaya martumpol, aku punya kebaya brokat perancis warna salem yang aku pakai waktu wisuda S1 yang aku minta penjahitku untuk modifikasi. Kupikir sayang beli yang baru, mending uangnya aku alokasikan untuk biaya-biaya yang lain. Makhlum dana untuk nikah ini murni uang kami, ngga dibantu orang tua.

Yang dirubah adalah tangannya dan juga punggung belakangnya yang ditambahkan kain tule, jadi kesannya transparan. Supaya keliatan mewah, aku minta ditambahi payet. Selain itu aku juga minta dibuatkan obi contohnya dari kebaya pengantinnya Bunga Citra Lestari. Untuk keperluan tambahan baju martumpol ini (tule, pita & bahan untuk obi) aku beli di Pasar Mayestik. Bustiernya aku jahit di Laris Busana, Benhil.

Karena kebetulan aku juga sudah punya songket Palembang, jadi aku ngga perlu juga beli songketnya. Hihihihi... asiiiikkkk... hemat.... :)








Kebaya & Jas Martumpol

Berikut adalah kebaya setelah dimodifikasi. Not bad kan? Kelihatan lebih mewah dan modern. Tata rias pada saat martumpol Mbak Larmi dari LAM Salon. Beliau adalah perias dari Laris. Waktu wisuda aku pingin banget sama dia, namun karena banyak langganannya, nggak pernah bisa deh... fully booked terus...

Baju ini adalah salah satu kostum yang aku pakai juga untuk foto studio prewedding.













Jas Pengantin

Jas Martumpol & Jas Pengantin
Jas martumpol dibeli dan dijahit di Pasar Baru di toko Kavitex. Modelnya biasa body fit dengan 2 kancing di depan. Daasinya warna orange/salem disesuaikan dengan kebaya martumpolku. Jas Pengantinnya di toko Milanzo. Di toko Milanzo ini kami mendapat discount yang lumayan karena kami membeli 3 pasang, yang 2 lagi untuk adik laki-lakiku dan adik iparku. Model jas Pengantinnya bodyfit juga dengan 2 kancing namun sekarang ditambah rompi warna hitam juga dan dasi + sapu tangan merah disesuaikan dengan warna songket aku.








Busana Pengantin Batak Modern Tampak Depan
Swaroski ukuran besar di bawah bordiran kerah dan full payet membuat kebayaku keliahatan mewah.

Songketnya sengaja pilih yang berbahan sutra, jadi keliatan lebih mengkilap. Walaupun mahal, ternyata payet di selendang songketku keliatan mewah...












Busana Pengantin Tampak Belakang






Detail belakang (punggung) yang diberi untaian mutiara kecil-kecil ini membuat kebayaku keliatan lebih mewah dan unik.










Seragam Ortu

Seragam Keluarga
Seragam untuk orang tua mamiku yang beli di Pasar baru. Warnanya gold dengan songket merah, sesuai dengan tema.







Seragam Keluarga Pria



Untuk keluarga pria, dipilih warna biru. Yang memakai 3 orang saudara perempuan Honeyku dan istri dari abangnya.











Seragam Keluarga Wanita


Untuk keluarga wanita, dipilih warna pink. Yang memakai adik perempuanku dan adik iparku.











Catering,  Dekorasi dan Tata Rias
Ketika membook gedung, kami juga diberi daftar catering yang bekerja sama dengan gedung tersebut. Mulailah kami survey dan membandingkan harga. Akhirnya terpilihlah Catering Hj. Tini Suherlan yang sesuai dengan budget kami.

Paket yang kami ambil Paket IV untuk 700 porsi (350 undangan), selain catering dan dekorasi (dekorasi cateringnya sendiri, pelaminan, pergola jalan, dan penerima tamu), tata rias dan busana pengantin, pendampiing, penerima tamu, pagar ayu/bagus (5 pasang) dan penabur bunga. Busana pengantin aku beli sendiri, sementara tata rias aku putuskan untuk ambil paket, karena jika tidak diambil hangus. Tata rias pendamping, busana & tata rias penerima tamu, busana & tata rias penabur bunga juga aku ambil. Sedangkan untuk tata rias pagar bagus dipakai oleh keluargaku.

Berikut foto-foto dekorasinya.

Dekorasi Pelaminan
Aku kurang puas dengan dekorasi panggung karena rumah adatnya berbeda dengan yang aku minta dan sepakati. Tapi apa mau dikata dengan budget yang minimal dan plafon gedung yang tidak terlalu tinggi, aku cuma bisa terima.

Hal ini terjadi juga karena aku  kurang membaca dan membandingkan dengan dekor teman-teman yang lain. Andaikata dulu aku sering baca blog-blog aku bisa dapat perbandingan...


Gazebo di Pintu Masuk
Untuk Gazebo ini aku suka, karena sesuai dengan apa yang aku mau. tapi di foto ini kurang kelihatan dekornya :)

Begitu juga dengan dekorasi bufeenya. Ada dua dekorasi. untuk dekorasi bufee.  Pertama sepertiyang ada di bawah ini, yang satunya tidak aku ambil karena keterbatasan foto yang bisa aku ambil.

Untuk keluarga yang mwnyambut tamu seragamnya gold dan merah.

Dekorasi Bufee

Menu yang kudapat adalah type B dengan harga per paket Rp. 50.000/porsi. Namun krn aku ambil 700 porsi, aku dapat discount deh... Hmmm... lumayan.

Menunya: Nasi putih, nasi goreng kambing, Black Pepper Beef, Kakap Acar Kuning, Sup Buntut (Recomended), Oseng-oseng Jagung Muda, kerupuk Udang & emping.



Dekorasi karpet jalan & bufee

Dekorasi karpet jalan lumayan, walaupun standing lamp yang aku minta amatlah berbeda dengan apa yang akhirnya mereka sediakan. Ini amatlah mengecewakan.

Dekorasi Bufee lumayan aku suka. bisa dilihat di foto samping ini.
 Dekorasi Snack & Buah








Dekorasi snack & buah juga sudah sesuai dengan keinginanku.
Aku mendapatkan aneka buah, aneka puding, aneka snack, aneka juice, air es + aqua, dispenser, dan aneka soft drink.

Selain itu aku mendapatkan beberapa gubukan dan bufee leluarga/VIP untuk 50 orang. Dekorasi untuk gubukan dan VIP nya juga lumayan memuaskan.


Penerima Tamu

Baju penerima tamunya juga paket dari Hj. Tini Suherlan berikut makeup dan hair do.

Selain itu mereka provide buku tumu + alat tulis dan tempat angpao yang modelnya rumah adat batak.






Organ Tunggal & Dekor Hiburan


Hiburan
Organ tunggal: sepupuku yang provide dan gratis berikut pemain.
Panggung: tamban biaya ke Hj. Tini Suherlan
MC: paket dari Hj. Tini Suherlan

Penari
Penari
Penari seharga 1 juta rupiah ini aku dapatkan dari Onna Dekorasi (Ibu Ona) cp: Rosmini Nasution (Hp: 081310275670). Alamatnya di Jl. Cucakrawa No. 15 Rt. 05/03 Bukit Duri, Puteran Tebet, Jakarta Selatan. Telp. 8307143.





Cincin

Cincin
Cincin dibeli di pasar senen :) Kebetulan kami suka model yang sudah jadi dan ukurannya ada. Tinggal di gravir nama dan tanggal.










Mobil Pengantin

Mobil Pengantin
Thank God dipinjemin sama temen Honeyku. Tinggal di hias oleh tukang bunga deh...










Dekor Martumpol


Bunga
Bunga di pesan di Pasar Cikini. Aku nggak gitu tau harganya.. (secara bukan aku yang bayar.. :)) Dapat sumbangan juga dari keluarga. tapi memang awalnya aku udah liat-liat dan tanya-tanya paketnya harga sekitar 2 jutaan deh...








Dekor Pemberkatan

Bunganya untuk martumpol di gereja HKBP Mampang, pemberkatan di gereja HKBP Sudirman dan mobil penganten.

Bunga tangan juga dpt gratis dari vendor bunga di kantor (Kayani Florist)... Thanks to Mbak Mayang...





Foto & Video Pernikahan

6 komentar:

  1. Hai mba...boleh tau pernikahan ini pake acara adat gak yah? kalo pake acara adat, apakah gak masalah kalo cateringnya pakai buffee bukan catering batak? kalo ternyata bisa...lumayan menghemat biaya kayaknya, karna bisa digabung undangan adat sama parsubang :D

    BalasHapus
  2. Boleh minta cp hj. Tini suherlan? Thx

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Lapo terbaik dan Gedung Serbaguna (Gratis) Terbaik di Jakarta, Lapo Tapian Nauli Ceger Cipayung Jakarta Timur.

    Lapo sudah tak asing lagi kita dengar dan kita lihat di Ibu Kota Jakarta ini.
    Keberadaan banyaknya Lapo di Jakarta semakin memperjelas bahwa pertumbuhan Orang Batak di Jakarta ini begitu pesat.
    Orang Batak terkenal akan keberaniannya merantau, demi memperbaiki taraf hidupnya, dan ada beberapa yang harus merantau karena Tugas atau Sekolah dan Kuliah. Dari beberapa orang Batak yang merantau, sudah pasti mereka akan selalu ingat kampung halamannya, dan yang pasti adalah makanan khasnya.
    Karena itu, lahirlah Lapo Lapo yang menyediakan makanan khas Batak.

    Dari sekian Lapo yang pernah saya kunjungi, baru kali ini saya menemukan Lapo yang dari segi pelayanannya, rasanya, fasilitas laponya, yang selezat, senikmat, juga sebesar dan sebagus LAPO Tapian Nauli.

    Ada fasilitas tambahannya, yaitu Dua Gedung Serbaguna Kapasitas maksimal masing2 100 orang GRATIS GRATIS GRATIS, bagi yang kebingungan nyari gedung buat Tonggoraja, Marhusip, atau ada meeting dan acara keluarga, silahkan dicoba Resto Batak Tapian Nauli ini, percaya deh, pasti kaget dan puas.

    Salut buat Halak Batak.

    Alamatnya di Jalan Binamarga No 31 Ceger-Cipayung Jakarta Timur, 1KM dari Taman Mini Indonesia Indah.
    Alamat websitenya www.tapiannaulilapo.jimdo.com

    BalasHapus